WEB PROGRAMING PART 1 - BELAJAR PEMROGRAMAN WEB UNTUK PEMULA


Tutorial Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula, saya rasa pertanyaan ini sering ditanyakan bagi anda yang ingin memulai belajar pemrograman web, tapi tidak tahu harus dari mana memmulainya. Jika pertanyaan tersebut yang anda tanyakan, maka artikel ini saya peruntukkan untuk anda. Nah, Bagaimana caranya memulai belajar pemrograman Web...?? berikut akan saya jelaskan hal-hal apa saya yang harus anda persiapkan.

Ok, berikut langkah-langkahnya.

1. Install Media Pengkodingan

Pada langkah pertama untuk belajar pemrograman web, silahkan anda sediakan terlebih dahulu media pengkodingan pada komputer/laptop anda. Nah, bagi anda yang baru memulai belajar pemrograman Web, mungkin anda bertanya,Apa itu media pengkodingan..? Media pengkodingan adalah sebuah software untuk kita mengetikkan bahasa pengkodingan di komputer/laptop.

Untuk media pengkodingan Web programing sebenarnya banyak.Seperti Adobe Dreamweaver, Sublime Text, Notepad++, dan masih banak lagi. Namun bagi anda yang baru memulai belajar pemrograman web, disini saya sarankan anda menggunakan software Notepad++ saja. Karena software tersebut gratis dan bagus unuk media pengkodingan web.

Bagi anda yang belum punya software Notepad++, silahkan anda download dulu di internet software Notepad++ tersebut.

2. Belajar HTML

Setelah anda menginstall media pengkodingan pada komputer/laptop anda, selanjutnya silahkan anda belajar tentang HTML.

Apa itu HTML...?? seperti di kutip di wikipedia.com, HTML adalah singkatan dari “Hyper Text Markup Language (HTML)”. Yaitu sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Anda masih bingung apa itu HTML..? saya pertama kali belajar pemrograman web juga bingung tentang apa itu HTML. Menurut saya, pengertian sederhana dari HTML itu adalah sintak/kode yang ditulis di media pengkodingan, kemudian kode tersebut disimpan dengan format “.html”.Dan kode yang sudah dismpan dengan format “.html” tersebut bisa dilalankan di browser yang biasa kita gunakan untuk internetan. Seperti bisa dijalankan di Mozilla Firefox, Google Chrome, dan masih banyak lagi.

Untuk dasar-dasar HTML, silahkan baca artikel “WEB PROGRAMING PART 2 - Dasar-dasar HTML”.

3. Belajar CSS

Apa itu CSS..?? CSS atau yang mempunyai kepanjangan dari “Cascading Style Sheet” yaitu aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.

Pengertian CSS secara sederhana menurut saya adalah kumulan sintak yang disisipkan didalam file HTML agar tampilan web lebih menarik dan tersusun dengan rapi.

Contoh penggunaan CSS pada perancangan sebuah Web, atau biasa di sebut dengan Template Web, CSS bisa kita gunakan untuk membuat kotak-kotak, membuat header, membuat tombol navigasi menu, disain body, sidebar, dan footer.

Nah, mungkin anda sedikit bingung dengan “header, navigasi menu, body, dan footer” yang saya jelaskan di atas tadi. Tapi menurut saya tidak apa-apa. Karena dulu saya juga begitu.Nanti jika anda sudah belajar HTML dan CSS, anda pasti tahu apa yang saya jelaskan tadi.

=============================================

Nah, setelah anda membaca “Tutorial Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula”,untuk selanjutnya yang anda lakukan adalah belajar html dan css seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Untuk dasar-dasar HTML, silahkan klik WEB PROGRAMING PART 2 - Dasar-dasar HTML.

Untuk dasar-dasar tentang “Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula”Saya rasa penjelasannya sudah cukup.

Namun, mungkin anda bertanya lagi: “saya pernah mendengar tentang bahasa pemrograman PHP. Dan pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman untuk web. Kok tidak dijelakan disini...?”

Ok, akan saya jelaskan sedikit. Bahasa pemrograman PHP biasanya digunakan untuk membuat web lebih dinamis lagi. Seperti pada saat sebuah web digunakan untuk menyimpan sebuah data,kita harus menggunakan yang namanya database. Nah, untuk tugas seperti itu, baru kita menggunakan yang namanya bahasa pemrograman PHP. Sebenarnya pemrograman web yang bertugas untuk menyimpan data ke database tidak hanya bahasa pemrograman PHP saja, tapi bisa yang lain. Namun yang lebih banyak digunakan oleh para programer web, adalah bahasa pemrogramanPHP.

Jadi kesimpulannya, menurut saya untuk “Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula”, saya raya cukup anda lalukan saja terlebih dahulu 3 langkah yang sudah saya jelaskan diatas. karena jikalau sudah sampai menggunakan bahasa pemrograman PHP, saya rasa itu bukan lagi namanya “Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula..” tapi sudah menuju ke profesional.

Itulah sedikit tentang “Tutorial Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula” dari saya, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma’af. Dan bagi anda yang mau bertanya, silahkan anda tinggalkan komentar.

Bagi anda yang ingin menyimpan artikel ini berupa Ebook PDF, silahkan klik DISINI.

Semoga artikel ini bisa membantu anda, sehingga bermanfaat buat anda.

Salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "WEB PROGRAMING PART 1 - BELAJAR PEMROGRAMAN WEB UNTUK PEMULA"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...